Total Pageviews

Popular Posts

Blog Archive

Thursday, April 7, 2011

emas busang

Harta Karun Emas Busang

Busang, daerah yang berada di jantung Kalimantan ternyata menyimpan emas mega deposit. Baru saja ditemukan simpanan emas 47 juta ounces.

"Dewasa ini, setiap siaran pers (tentang Busang, Red) akan cepat menarik perhatian, padahal pada awal tahun 1993, Indonesia seperti sebuah kawasan yang tak diketahui sama sekali". Demikian kutipan siaran pers Bre X Minerals Ltd, sebuah perusahaan pertambangan emas dan tembaga Kanada ketika menemukan deposit emas baru di Busang bagian tenggara. Tiba-tiba Busang dikenal sekaligus menjadi topik pembicaraan yang hangat di kalangan para penanam modal dan perusahaan penambang di Kanada dan AS karena temuan emas 47 juta ounces, yang konon hampir menyamai tambang emas terbesar dunia di Afrika Selatan.

Tidak itu saja, setiap perkembangan daerah penambangan emas Busang tenggara yang seluas 57.571 ha menjadi bahan laporan rutin Bre X kepada investornya. Jadi bagi perusahaan yang baru terdaftar di Toronto Stock Exchange (TSE) pada tanggal 23 April 1996 kepada, Busang ditempatkan sebagai primadona baru.

Di dalam homepage Bre X, Busang diperkenalkan dengan sangat baik. Indonesia dideskripsikan oleh Bre X sebagai suatu tempat yang menyimpan begitu besar kekayaan alam lengkap dengan sejarah singkat, kondisi alam dan pemerintahan yang stabil. Bahkan dalam profil tersebut pengakses diantar pada gambaran lokasi Busang di Kalimantan serta ditunjukkan hasil studi kelayakan Bre X di Busang. Singkatnya, Bre X ingin meyakinkan investornya bahwa Bre X telah menemukan harta karun emas terbesar di dunia. "Kami akan memusatkan semua sumber daya untuk Busang," kata David G. Walsh, Presiden Direktur Bre-X.

Peta Tambang

Deposit Kandungan Tingkat Emas
M ton g/t emas % tembaga M oz
Grasberg 4,000.00 0.64 0.6 82.3
Busang* 622.4 2.34 na 46.9
Batu Hijau 919.5 0.51 0.7 15.1
Kelian 97.0 1.85 na 5.8
G. Pongkor 6.0 17.00 na 3.3
Cabang Kiri 136.0 0.58 0.45 2.5
Mesel 8.5 7.2 na 2.0
G. Muro 10.4 3.8 na 1.3
Awak Mas 14.9 1.75 na 0.8
Wetar 5.4 4.2 na 0.7
*)Evaluasi belum selesai

Mungkin Busang juga tidak dikenal oleh penduduk Indonesia. Letak daerahnya yang di jantung Kalimantan tersebut, Busang hanya dapat dijangkau lewat udara dan sungai. Jarak Samarinda dengan Busang adalah 160 km ke arah barat laut. Untuk menuju Busang, dibutuhkan waktu satu jam berhelikopter dan seminggu kalau menggunakan perahu menyusuri Sungai Mahakam dari Samarinda. Jadi bisa dibayangkan kalau tempat harta karun tersebut benar-benar tersembunyi di tengah hutan belantara Kalimantan.

Letak Busang yang berada di rim of fire, yaitu rangkaian daerah bergunung api memanjang dari Selandia Baru, Fiji, Kepulauan Solomon, Vanuatu, Papua Nugini, Indonesia dan Filipina, menempatkan Busang sebagai salah satu daerah tambang terbesar di dunia. Menurut para pengamat tambang emas, deposit busang termasuk peringkat number one pada golongan mega deposit. Hal itu artinya, pihak yang berhak membudidayakan Busang akan menjadi kaya tak terhingga.

Pada awal Maret lalu, Kilkborn Engineering, kelompok peneliti tambang Busang, sebenarnya masih melakukan pra studi kelayakan. Tetapi Walsh yakin bahwa Busang akan menghasilkan jutaan dolar. "Kami yakin bahwa Busang dapat menghasilkan antara 1,8 dan 2 juta ounces, atau bernilai AS$ 150 per ounce," kata Walsh.

Aset baru Bre-X di Busang bagian tenggara tersebut juga sudah dipresentasikan di hadapan para pemegang saham pada acara rapat umum pemegang saham (RUPS) Bre-X pertengahan Maret lalu di Toronto. "Kali ini kekayaan kita 30 juta ounces, bahkan lebih," kata John B. Felderhof, vice president untuk Indonesia. Bahkan para pengamat yakin bahwa kandungan emas Busang bisa mencapai 100 juta ounces!

BBN

No comments:

Post a Comment

Labels